Monday, June 13, 2011

Orang yang ikhlas adalah



Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi dari apa yang dapat ia lakukan. Konsentrasi orang yang ikhlas cuma satu, yaitu bagaimana agar apa yang dilakukannya diterima oleh Allah SWT. Jadi ketika sedang memasukan uang ke dalam kotak infaq, maka fokus pikiran kita tidak ke kiri dan ke kanan, tapi pikiran kita terfokus bagaimana agar uang yang dinafkahkan itu diterima di sisi Allah.

Apapun yang dilakukan kalau konsentrasi kita hanya kepada Allah, itulah ikhlas. Seperti yang dikatakan Imam Ali bahwa orang yang ikhlas adalah orang yang memusatkan pikirannya agar setiap amalnya diterima oleh Allah. Seorang pembicara yang tulus tidak perlu merekayasa kata-kata agar penuh pesona, tapi ia akan mengupayakan setiap kata yang diucapkan benar-benar menjadi kata yang disukai oleh Allah. Bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Bisa dipertanggungjawabkan artinya. Selebihnya terserah Allah. Kalau ikhlas walaupun sederhana kata-kata kita, Allah-lah yang kuasa menghujamkannya kepada setiap qalbu.

Oleh karena itu, jangan terjebak oleh rekayasa-rekayasa. Allah sama sekali tidak membutuhkan rekayasa apapun dari manusia. Allah Mahatahu segala lintasan hati, Mahatahu segalanya! Makin bening, makin bersih, semuanya semata-mata karena Allah, maka kekuatan Allah yang akan menolong segalanya.

Kalo ibadahnya ikhlas karena Alloh Ta’ala dan tata caranya sesuai apa yang diajarkan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam maka amalnya bisa diterima, Insya Alloh.

Ikhlas atau tidaknya kita sulit untuk menilainya karena ikhlas adalah amalan hati yang tidak nampak dihadapan manusia dan yang hanya bisa menilai ikhlas atau tidaknya adalah Alloh dan kita hanya memutuskan sesuatu yang tampak dari perbuatan itu. Jadi amalan yang berhubungan dengan hati kembali kedalam diri individu tsb jika dia ikhlas maka dia bisa dapat pahala dan jika tidak ikhlas maka diancam mendapat dosa. Dan sangat tidak menjamin jika ada teman anda yang mengatakan dengan terang-terangan demikian “saya niat kuliah ikhlas karena Alloh” itu berarti dia benar-benar ikhlas. Dan sekali lagi ucapan ini tidak menjadi jaminan atau ukuran atau standar bahwa dia telah ikhlas.

Amalan ikhlas adalah amalan yang tersembunyi jadi hanya Alloh, anda dan malaikat pencatat amal anda yang tahu seberapa ikhlaskah anda beramal. Bahkan orang lain tidak mengetahui apakah anda itu beramal dengan ikhlas atau tidak sekalipun anda mengatakan kepada teman anda “aku benar-benar ikhlas” dan malah bisa jadi teman anda ini curiga demikian “lha wong dah ikhlas kok ndadak diomong-omongin segala”. Dan nasehat saya, jika anda beramal dengan ikhlas maka tidak perlu bagi anda untuk memberitahukan bahwa anda sudah ikhlas karena demi menjaga pahala amal anda. Karena bisa jadi ketika anda mengatakan “aku benar-benar ikhlas” anda telah disusupi penyakit ingin dipuji atau disanjung, maka saya khawatir pahala amal anda akan menjadi kurang sempurna atau bahkan bisa gugur semuanya sehingga amalan anda tidak berpahala sama sekali.

Ikhlas adalah sebuah kata yang mudah diucap dan ditulis namun dilaen sisi, ikhlas adalah sesuatu hal yang paling berat serta sulit bagi jiwa untuk melakukannya dan memang begitulah kenyataannya. Sebagaimana seorang ulama pernah ditanya “Apakah sesuatu yang paling berat bagi jiwa?” maka ulama tsb menjawab “Ikhlas. Sebab dengan ikhlas itu jiwa tidak mendapat bagian apa-apa”. Ucapan ulama tsb benar karena dengan ikhlas anda tidak akan mendapatkan bagian apa-apa dari sisi manusia namun disisi Alloh anda akan diberi pahala yang tak terbatas.

Dan sekarang apa definisi ikhlas??...

Definisi ikhlas sangat banyak sebagaimana yang dikatakan oleh para ulama. Diantaranya:

a. Menyendirikan Alloh sebagai tujuan dalam ketaatan.

b. Membersihkan perbuatan dari perhatian makhluk.

c. Menjaga amal dari perhatian manusia dan termasuk pula diri sendiri.

d. Seseorang bermaksud melalui ibadahnya tersebut untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah dan mendapatkan keridhaanNya.

e. Sesuatu yang paling mulia didunia

f. Rahasia antara Alloh dan HambaNya yang tidak diketahui kecuali oleh malaikat yang mencatatnya.

g. Membersihkan amal dari segala campuran.

No comments:

Post a Comment

.::BY JUMBHO-MY AT HOME IN THE JEPARA CITY OF BEAUTIFUL::.